BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang Praktek Kerja Lapangan
Perkembangan ilmu pengetahuan yang pesat sekarang ini, membuat kita harus lebih terampil dan membuka
diri dalam menerima perubahan-perubahan yang terjadi., menyadari sumber daya
manusia merupakan komponen utama dalam mmenentukan kemajuan suatu usaha, maka
kualitas Sumber Daya Manusia harus dikembangkan dengan baik. Oleh karena itu
kerja sama dengan perusahaan atau instansi diharapkan memberikan pengetahuan kepada
mahasiswa/i
untuk lebih mengenal dunia kerja, yaitu dengan cara memberikan kesempatan untuk
mengadakan kegiatan praktek kerja
lapangan di perusahaan atau instansi tersebut.
Praktek kerja lapangan adalah penerapan seorang mahasiswa/i pada dunia kerja nyata yang
sesungguhnya, yang bertujuan untuk mengembangkan keterampilan dan etika
pekerjaan, serta untuk mendapatkan kesempatan dalam menerapkan ilmu pengetahuan
dan keterampilan yang ada kaitannya dengan materi-materi perkuliahan selama
ini.
Praktek Kerja Lapangan Merupakan Kewajiban akademik Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi
Musi Rawas Lubuklinggau kepada Mahasiswa/i sebagai syarat kelulusan.
Selain itu Praktek
Kerja Lapangan juga merupakan suatu kegiatan kerja mahasiswa yang ditempatkan
pada suatu tempat yang berkaitan dengan bidang ilmu yang ditempuhnya dalam
waktu tertentu.
B.
Tujuan Praktek Kerja Lapangan
Kegiatan Praktek Kerja
Lapangan yang telah dilaksanakan untuk setiap mahasiswa/i merupakan program
keahlian yang tentunya mempunyai tujuan yang telah direncanakan dan diharapkan
dapat tercapai serta sebagai salah satu syarat tugas akhir perkuliahan dan
sebagai kegiatan mahasiswa/i terkait untuk mencari pengalaman kerja sebelum
memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
Adapun tujuan penyelenggaraan
Praktek Kerja Lapangan adalah untuk:
1.
Membekali
mahasiswa/i dengan pengalaman-pengalaman yang sebenarnya di dalam dunia kerja,
sebagai persiapan guna menyesuaikan diri dengan dunia kerja dan masyarakat.
2.
Meningkatkan
rasa percaya dirinya, dalam memecahkan berbagai masalah atau kesulitan yang
ditemuinya.
3.
Memperluas
pandangan dan wawasan mahasiswa/i terhadap jenis-jenis pekerjaan yang ada di
bidang bersangkutan dan di tempat praktek dengan segala persyaratan.
4.
Menambah keterampilan kepada mahasiswa/i selama
melaksanakan kegiatan Praktek kerja lapangan.
5.
Meningkatkan efisiensi proses pendidikan dan pelatihan-pelatihan
tenaga kerja yang berkualitas dan profesional.
6.
Untuk memenuhi salah satu syarat kurikulum di Sekolah
Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Musi Rawas Lubuklinggau.
C.
Manfaat Praktek Kerja Lapangan
Manfaat
Praktek Kerja Lapangan ini antara lain:
1.
Sebagai salah satu syarat untuk
menyelesaikan studi Strata Satu (S1) pada jurusan Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu
Ekonomi Musi Rawas Kota Lubuklinggau.
2.
Menambah pengetahuan dan keterampilan kerja mahasiswa
dengan keterlibatan langsung dalam berbagai kegiatan di Kantor Pelayanan
Pembendaharaan Negara (KPPN).
3.
Dapat
menemukan permasalahan-permasalahan yang ada dan dapat membantu memecahkan dan
memberi solusi yang baik dan tepat, bagi Kantor Pelayanan Pembendaharaan Negara
Lubuklinggau
4.
Lebih
memberikan gambaran yang jelas dalam dunia kerja.
5.
Dapat
memperoleh kemudahan untuk memahami dan menekuni pekerjaan yang diberikan
perusahaan.
6.
Meningkatkan kedisiplinan dan rasa tanggung jawab dalam
melakukan suatu pekerjaan.
BAB II
GAMBARAN UMUM
A. Sejarah
Singkat KPPN Lubuklinggau
Kantor
Pelayanan Pembendaharaan Negara (KPPN) Lubuklinggau mulai beroperasi sejak
tahun 19981 yang sebelumnya merupakan peleburan dari dua kantor yaitu Kantor
Perbendaharaan Negara (KPN) Lubuklinggau dan Kantor Kas Negara (KKN)
Lubuklinggau, kemudian pada tahun 1990 dilebur menjadi Kantor Perbendaharaan
dan Kas Negara (KPKN) Lubuklinggau. Dengan Surat Keputusan Menteri Keuangan RI
Nomor : 214/KMK.01/2005 tanggal 2 Mei 2005, maka kemudian nama Kantor Perbendaharaan
dan Kas Negara (KPKN) Lubuklinggau diubah menjadi Kantor Pelayanan
Perbendaharaan Negara (KPPN) Lubuklinggau. KPPN Lubuklinggau pada tahun
2001-2006 dipimpin oleh Irman, S.E. Kemudian pada tahun 2006-2008 KPPN dipimpin
oleh Nur Djawoto, S.H. Pada tahun 2008-2009 dipimpin oleh Midden Sihombing,
selanjutnya pada tahun 2009-2011 di pimpin oleh suharianto. Kemudian pada
2011-2013 dipimpin oleh Nur Amalia. Kemudian dari tahun 2013 sampai sekarang
KPPN Lubuklinggau dipimpin oleh Rita Susilowati, S.E,.M.T.
Kantor
Pelayanan Perbendaharaan Negara Lubuklinggau merupakan salah satu dari lima
KPPN yang berada pada lingkup Kanwil (Kantor Wilayah) Direktorat Jendral
Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan. KPPN merupakan implementasi dari
reformasi birokrasi pemerintah di Departemen Keuangan khususnya lingkup
Direktorat Jendral Perbendaharaan.
B. VISI-MISI
serta MOTTO KPPN Lubuklinggau
VISI
Menjadi pelaksana fungsi Bendahara Umum Negara di daerah
yang profesional, transparan, dan akuntabel untuk mewujudkan pelayanan prima
MISI
2.
Mengelola penerimaan negara secara profesional dan
akuntabel;
3.
Mewujudkan pelaporan pertanggungjawaban APBN yang akurat dan
tepat waktu.
MOTTO
Setulus Hati kami memberikan pelayanan yang terbaik.
C. Organisasi
Untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi, KPPN
Lubuklinggau memiliki beberapa seksi/subbagian dan staff
sebagai berikut :
1. Kepala
Kantor KPPN Lubuklinggau Rita Susilowati
2.
Kepala Subbagian Umum
atas nama Andi Kurnia
3.
Kepala seksi Pencairan
Dana dan Manajemen Satker atas nama Zainal
Abidin
4.
Kepala seksi Bank atas
nama Raden Suhartiyana
5.
Kepala seksi
Verifikasi, Akuntansi dan Kepatuhan Internal atas nama Jalinus
6.
Pelaksana atas nama Bahrian Kansiro
7.
Pelaksana atas nama Yusman
8.
Pelaksana atas nama Yusni
9.
Pelaksana atas nama Dewi Anggraini
10.
Pelaksana atas nama Usman Gumanti
11.
Pelaksana atas nama Wiwik Pratiwi
12.
Pelaksana atas nama R.Muchamad Kaneko P.D
13.
Pelaksana atas nama Indra Kurniawan
14.
Pelaksana atas nama Yoss Rinaldi
1.
Uraian Tugas
Ø Sub Bagian Umum
Kepala Sub Bagian Umum mempunyai
tugas melaksanakan urusan kepegawaian, keuangan, tata usaha, dan rumah tangga
serta penyelesaian temuan hasil pemeriksaan. Dalam melaksanakan tugas pokok
sebagaimana dimaksud diatas, Sub Bagian Umum mempunyai rincian tugas sebagai
berikut:
-
Melaksanakan urusan kepegawaian;
-
Melaksanakan urusan keuangan;
-
Melaksanakan urusan tata usaha dan rumah tangga;
-
Melaksanakan penyusunan rencana kerja dan laporan kegiatan;
-
Melaksanakan penyelesaian temuan hasil pemeriksaaan;
-
Melaksanakan urusan kehumasan;
Untuk melaksanakan fungsi tersebut,
bagian umum terdiri dari:
-
Subbagian kepegawaian
-
Subbagian keuangan
-
Subbagian tata usaha dan rumah tangga.
Ø Seksi Pencairan Dana Mempunyai
Tugas:
Melakukan pengelolaan basis data
pelaksanaan anggaran, Pengujian terhadap dokumen Surat Perintah Membayar (SPM)
Penerbitan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) atas nama Menteri Keuangan
(Bendahara Umum Negara), Pengelolaan basis data pembayaran gaji, Pengesahan
surat keterangan penghentian pembayaran, dan Penyusunan laporan realisasi
pencairan anggaran.
Sesuai dengan Peraturan Menteri
Keuangan Nomor PMK 169/PMK.01/2012 tanggal 6 November 2012, Seksi Pencairan
Dana mempunyai tugas :
-
Melakukan pengujian resume tagihan dan SPM,
-
Penerbitan SP2D,
-
Penerbitan surat pengesahan pendapatan dan belanja Badan
Layanan Umum (BLU)
-
Penerbitan surat pengesahan atas ralat SPM dari satuan kerja
dan nota dinas kesalahan dan perbaikan SP2D hasil verifikasi pada KPPN,
-
Pengelolaan data kontrak, data supplier, belanja pegawai
satker, dan monitoring dan evaluasi penyerapan anggaran satker,
Ø Seksi Verifikasi Dan Akuntansi
Mempunyai Tugas:
Melakukan verifikasi transaksi
keuangan dan akuntansi, Penelitian, penilaian, rekonsiliasi dan penyusunan
LKPP, serta Melakukan verifikasi atas laporan pertanggungjawaban bendahara
instansi.
Ø Seksi Bank/Giro Pos mempunyai tugas:
Melakukan pencairan dana dan
penatausahaannya, Penelitian dan penatausahaan penerimaan dan pengeluaran
anggaran melalui dan dari kas negara, Pelaksanaan pengelolaan kas, Pengiriman dan penerimaan kiriman uang, Pembukuan
bendahara umum dan penyusunan Laporan Kas Posisi.
Ø Seksi Manajemen Satker dan Kepatuhan
Internal
-
Tugas di bidang manajemen SATKER:
a.
Melakukan pembinaan dan bimbingan teknis pengelolaan
perbendaharaan. Fungsi customer service.
b.
Supervisi teknis SPAN dan helpdesk SAKTI.
c.
Pemantauan standar kualitas layanan KPPN dan penyediaan
layanan perbendaharaan.
-
Tugas di bidang kepatuhan internal:
a.
Pemantauan pengendalian intern, pengelolaan risiko,
kepatuhan terhadap kode etik dan disiplin, dan tindak lanjut hasil pengawasan.
b.
Perumusan rekomendasi perbaikan proses bisnis.
D. Kondisi
Wilayah dan Kondisi Geografis KPPN Lubuklinggau
Wilayah kerja KPPN Lubuklinggau
terdiri dari 2 wilayah yang cukup luas yaitu kota Lubuklinggau dan kabupaten
Musi Rawas. Dilihat dari kondisi gepgrafis tata letak Kantor Pelayanan
Perbendaharaan Negara (KPPN) sangat strategis yaitu di komplek perkantoran
PEMDA MURA di Jalan Yos Sudarso Lubuklinggau Provinsi Sumatera Selatan, berdiri
diatas tanah seluas 2.652 M2 dengan luas bangunan 1.230 M2 yang
merupakan hasil ruislag dengan PEMDA MURA pada tahun 1995.
Batas-batas KPPN
Lubuklinggau adalah sebagai brikut:
1.
Disebelah Barat
/ Depan Kantor adalah jalan LAPTER
2.
Disebelah Timur
/ Belakang Kantor adalah Tanah yang masih Kosong
3.
Disebelah
Selatan / Samping Kanan Kantor berdiri Kantor BPJS
4.
Disebelah Utara
/ Samping Kiri Kantor terdapat Perkantoran PEMDA Musi Rawas
Dengan letak geografis KPPN yang strategis memudahkan
kegiatan kantor dalam pelayanan satuan kerja, kerena jarak yang tidak terlalu
jauh yang masih berada dalam satu komplek perkantoran. Begitu juga dengan Bank
Mandiri (Persero) Kantor cabang lubuklinggau yang letaknya relative dekat
dengan KPPN Lubuklinggau (±6km) sehingga pengiriman SP2D lembar I dapat dilakukan
2 kali dalam sehari, untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat.
E. Sarana dan
Prasarana
Dalam mewujudkan pelayanan yang baik, diperlukan
sarana dan prasarana yang memadai seperti bangunan dan gedung kantor.
Bangunan KPPN
terdiri dari 2 (dua) lantai, yaitu :
a)
Lantai I:
Ruang Kepala Kantor, Sub bagian
Umum, Ruang Pelayanan (Seksi Pencairan Dana dan Seksi Bank / Giro Pos), Seksi
Veravikasi dan Akuntansi, Ruang Server, Ruang Arsip Aktif, Poliklinik, Rehat,
Musholah, dan Dapur.
b)
Lantai II:
Ruang ATK, Aula, Arsip In Aktif, Gudang
Sarana dan prasarana yang dimiliki oleh KPPN Lubuklinggau adalah sebagai
berikut:
1.
Ruang Kerja,
yang terdiri dari:
a.
Ruang Kepala
Kantor
b.
Ruang Kasubbag
Umum dan Seksi
c.
Ruang Pegawai
dan Sekretaris
d.
Ruang Server
2.
Ruang Pelayanan
a.
Loket Penerimaan
SPM, SKPP dan Surat lainnya
b.
Loket Customer
service
c.
Loket
Rekonsiliasi Verivikasi dan Akuntansi maupun Bendum
d.
Loket
Pengambilan SP2D lembar ke II
e.
Ruang Tunggu
3.
Ruang Arsip dan
Gudang
Ruang Arsip terdiri dari:
a.
Ruang Arsip
Aktif
b.
Ruang Arsip
Inaktif
Ruang Gudang
terdiri dari:
a.
Ruang Gudang ATK
b.
Ruang Gudang
Inventaris yang rusak / tidak dapat digunakan lagi.
JADWAL KEGIATAN
PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
MAHASISWA STIE –MURA LUBUK LINGGAU
NAMA MAHASISWA :
Tomi
NIM :
212.01.091
JURUSAN : MANAJEMEN
No |
Hari / Tanggal |
Kegiatan |
Paraf |
1 |
Senin02 Februari 2015 |
· Penyerahan mahasiswa STIE-MURA ke KPPN Lubuklinggau oleh Dosen Pembimbing Ngatijo, S. Pd, MM· Pengarahan dari Kasubbag Umum mengenai pembagian tugas dan peraturan yang ada di KPPN.· Semua Mahasiswa PKL di tempatkan di bagian Umum.· Melakukan Input Arsip SP2D ke dalam aplikasi (E-Filling) untuk menatausahakan Dokumen-Dokumen. |
|
2 |
Selasa03 Februari 2015 |
· Pengarsipan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Lembar Tiga 2014.· Melakukan Input Arsip SP2D ke dalam aplikasi (E-Filling) untuk menatausahakan Dokumen-Dokumen |
|
3 |
Rabu04 Februari 2015 |
· Bimbingan dari kepala verifikasi· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
4 |
Kamis05 Februari 2015 |
· Bimbingan dari ibu ketua KPPN· Penginputan Arsip SP2D ke dalam aplikasi (E-Filling).· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
5 |
Jum’at06 Februari 2015 |
· Melakukan senam pagi bersama karyawan dan staf KPPN Lubuklinggau.· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
6 |
Senin09 Februar 2015 |
· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi.· Menunggu pos dan menerima surat masuk dari DPRD MURA |
|
7 |
Selasa10 Februari 2015 |
· Pengarsipan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Lembar Tiga 2014.· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
8 |
Rabu11 Februari 2015 |
· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
9 |
Kamis12 Februari 2015 |
· Pengarsipan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Lembar Tiga 2014.· Menerima surat masuk, surat keluar· Merekam surat masuk, surat keluar |
|
10 |
Jum’at13 Februari 2015 |
· Melakukan senam pagi bersama karyawan dan staf KPPN Lubuklinggau.· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
11 |
Senin16 Februari 2015 |
· Penginputan Arsip SP2D ke dalam aplikasi (E-Filling).· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
12 |
Selasa17 Februari 2015 |
· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
14 |
Rabu18 Februari 2015 |
· Melakukan senam pagi bersama karyawan dan staf KPPN Lubuklinggau.· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
15 |
Kamis19 Februari 2015 |
LIBUR |
|
16 |
Jum’at20 Februari 2015 |
· Melakukan senam pagi bersama karyawan dan staf KPPN Lubuklinggau.· Melakukan senam pagi bersama karyawan dan staf KPPN Lubuklinggau. |
|
17 |
Senin23 Februari 2015 |
· Melakukan Input Arsip SP2D ke dalam aplikasi (E-Filling).· Pengarsipan Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) Lembar Tiga 2014. |
|
18 |
Selasa24 Februari 2015 |
· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
19 |
Rabu25 Februari 2015 |
· Membantu menyiapkan ruang Aula untuk acara sosialisasi SAS· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
20 |
Kamis26 Februari 2015 |
· Membantu KPPN Lubuklinggau dalam melakukan pelaksanaan Sosialisasi Sistem Aplikasi Satker (SAS)· Melakukan Scan pada Arsip SP2D dahulu yang akan di input ke dalam aplikasi. |
|
21 |
Jum’at27 Februari 2015 |
· Menyampaikan kata sambutan, mewakili Mahasiswa PKL, dalam rangka pelepasan / perpisahan.· Membantu melakukan scan |
|
Jam
Kerja pegawai
Kantor
Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Lubuklinggau
Senin-Kamis |
07.30 - 12.1513.00 - 17.00 |
Jum’at |
07.30 - 11.3013.30 – 17.00 |
Istirahat |
12.15 - 13.00 |
Istirahat |
11.30 – 13.30 |
BAB V
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Berdasarkan dari uraian pada Bab-bab sebelumnya maka
dapat disimpulkan bahwa:
1.
KPPN merupakan
instansi dari Didjen Perbendaharaan yang menggelola dana dari SATKER dalam
suatu wilayah kerja.
2.
KPPN
melaksanakan kewenangan Perbendaharaan dan Bendahara Umum, menyalurkan
pembiayaan atas beban Anggaran, serta penatausahaan penerimaan dan pengeluaran
anggaran melalui dana Kas Negara berdasarkan peraturan perundang-undang yang berlaku.
3.
KPPN
Lubuklinggau selaku Unit Akuntansi Kuasa Bendahara Umum Negara (UAKBUN) membuat
Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) setiap bulan, yang merupakan hasil
pengolahan data Transaksi keuangan pada Kuasa Bendahara Umum Negara KPPN dan
hasil Rekonsiliasi dengan Unit Akuntansi
Kuasa Pengguna Anggaran (UAKPA) di wilayah kerjanya, dan LKPP dikiramkan ke
kantor Wilayah Didjen Perbendaharaan Provinsi Sumatera Selatan, Direktorat
Penggelolaan Kas dan Direktorat Akuntansi dan pelaporan keuangan untuk
dilakukan konsolidasi, dan target LKPP berkualitas berdasarkan criteria tepat
waktu, rekonsiliasi data sama dan Kelengkapan Unsur Laporan Keuagan tercapai.
4.
KPPN
Lubuklinggau sebagai Kuassa Bendahara Umum Negara di daerah bertugas menerima,
membayar, menata usahakan dan mempertanggung jawabkan uang yang berada dalam
penggelolaannya.
boleh minta artikelnya buat referensi PKL
BalasHapusBoleh nanya lebih banyak ngga ?
BalasHapus