Jumat, 13 Februari 2015

Perluasan Lahan Pertanian ( Ekstensifikasi Pertanian )

DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
BAB I PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
B.      Tujuan
BAB II PEMBAHASAN
A.     Pelaku Ekstensifikasi Pertanian
B.      Macam-Macam Ekstensifikasi Pertanian
C.      Dampak Dari Dilakukan Ekstensifikasi Pertanian
D.     Strategi Pembangunan Pertanian
E.      Ekstensifikasi Pertanian menurut menteri Pertanian
BAB III PENUTUP
·         Kesimpulan
DAFTAR PUSTAKA


















KATA PENGANTAR

Puji syukur kami haturkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat sertakarunia-Nya kepada kami sehingga kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang Alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul Perluasan Lahan Pertanian Dan Menambah Lahan Pertanian Baru ( Ekstensifikasi Pertanian ).

Makalah ini berisikan tentang informasi Perluasan Lahan Pertanian Dan Menambah Lahan Pertanian Baru ( Ekstensifikasi Pertanian ). Diharapkan Makalah ini dapat bermafaat bagi kita semua.

Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami ucapkan terima kasih. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.





Lubuklinggau,6 Januari 2015

Penyusun


Kelompok 2

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar belakang
Indonesia merupakan negara agraris dimana pembangunan di bidang pertanian menjadi prioritas utama karena indonesia merupakan salah satu negara yang memberikan komitmen tinggi terhadap pembangunan. Ketahanan pangan sebagai komponen strategis dalam pembangunan nasional. uu no.7 tahun 1996 tentang pangan menyatakan bahwa perwujudan ketahanan pangan merupakan kewajiban pemerintah bersama masyarakat. mayoritas mata pencarian masyarakat indonesia adalah di sector pertanian.
           Populasi penduduk yang kian meningkat tidak sebanding dengan luasnya lahan yang digunakan untuk pemukiman. Sedangkan kebutuhan akan pangan terus meningkat sangat tajam. akibatnya lahan-lahan produktif yang seharusnya dapat digunakan sebagai lahan pertanian yang manghasilkan, kini mulai berkurang. Ekstensifikasi pertanian harus dilakukan untuk mencegah terjadinya penurunan produksi hasil pertanian dan untuk memenuhi kebutuhan pangan. Ekstensifikasi pertanian adalah usaha peningkatan produksi pangan dengan meluaskan areal tanam.
            Bersangkutan dengan hal tersebut, perlu adanya pengembangan dalam bidang pertanian. Tersedianya lahan pertanian yang cukup dan meningkatnya produktivitas pertanian memang suatu kebutuhan dan keharusan dalam usaha mencukupi ketersediaan pangan nasional sekaligus dasar bagi upaya meningkatkan kesejahteraan petani kita.
B.         Tujuan

·         Mengetahui pelaku ekstensifikasi pertanian

·         Mengetahui tentang macam-macam ekstensifikasi pertanian

·         Mengetahui tentang dampak dilakukan ekstensifikasi pertanian

·         Mengetahui Strategi Pembangunan Pertanian
·         Mengetahui Ekstensifikasi Pertanian menurut menteri Pertanian







BAB II PEMBAHASAN
A.     Pelaku Ekstensifikasi Pertanian
Seiring berjalannya waktu lahan pertanian semakin lama semakin sempit, jadi untuk mengatasi masalah kurangnya lahan produktif pertanian, maka akan dilakukan ekstensifikasi pertanian. perluasan lahan dengan cara mencari lahan-lahan baru yang bisa ditanami tanaman dan menghasilkan produksi tanaman yang dapat memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.
Ekstensifikasi pertanian ini bisa dilakukan oleh perseorangan (petani) maupun mengikuti program yang telah dilakukan oleh pemerintah. biasanya, ekstensifikasi pertanian atau perluasan lahan pertanian ini dilakukan secara mandiri, berkesinambungan dan mendapat pengawasan penuh dari pemerintah. salah satunya adalah dengan menggerakkan program transmigrasi. (anonymous ,2012)
B.     Macam-Macam Ekstensifikasi Pertanian
1.   Perluasan Lahan Pertanian Dengan Pembukaan Hutan Baru
Ekstensifikasi pertanian dengan melakukan perluasan dan pembukaan hutan yang masih tertutup atau belum pernah dijadikan lahan pertanian. Sebenarnya, sistem nomaden atau berpindah-pindah ladang yang dilakukan masyaratakat di indonesia sejak dulu merupakan hasil dari perluasan lahan yang mandiri. Pembukaan hutan ini dapat dilakukan secara serentak maupun perseorangan. Membuka hutan baru yang lahannya masih subur diharapkan dapat meningkatkan produksi pertanian.
2.   Perluasan Lahan Pertanian Dengan Pembukaan Lahan Kering
Ekstensifikasi pertanian dengan pembukaan lahan kering memerlukan penanganan lebih khusus. Lahan kering merupakan sebuah lahan yang memiliki tanah kering, kurang subur dan mudah terbawa air/erosi. Dalam pemanfaatannya, lahan kering harus diberi perlakuan tambahan agar dapat meningkatkan produksi pertanian. Salah satu caranya adalah dengan menanam tanaman yang dapat meningkatkan kesuburan tanah seperti jenis kacang-kacangan, pohon lamtoro yang bisa menambah kandungan nutrisi dalam tanah.
3.    Perluasan Lahan Pertanian Dengan Pembukaan Lahan Gambut
Lahan gambut merupakan lahan yang sangat potensial untuk ditanami. lahan ini sangat subur dan berair. Lahan ini dapat digunakan untuk meningkatkan hasil produksi tanaman. Di Indonesia, lahan gambut ini banyak terdapat Di Sumatera Dan Kalimantan.



C.      Dampak Dari Dilakukan Ekstensifikasi Pertanian

Terlepas dari tingginya permintaan akan kebutuhan pangan, ada dampak negatif yang akan ditimbulkan dari dilakukannya ekstensifikasi pertanian ini. Dampaknya antara lain:

1.      Rusaknya Ekosistem Pada Lahan-Lahan Tertentu

Dengan dibukanya lahan-lahan pertanian seperti pada hutan, lahan gambut, tentu saja dapat merusak ekosistem yang ada di sekitarnya. Dengan adanya kegiatan bercocok tanam dan pemukiman penduduk yang baru tentu mengganggu populasi hewan dan tumbuhan. Selain itu, hutan sebagai sumber produksi oksigen terbesar yang sangat penting bagi manusia juga ikut hilang.

2.      Berkurangnya Habitat Alami Hewan Di Alam

Ekstensifikasi petanian ini dapat menyebabkan hewan yang tinggal dan hidup di alam menjadi terganggu habitatnya dan mulai tersingkir tempat hidupnya lebih jauh lagi. Tidak heran jika ada rombongan gajah atau harimau yang datang menyerang pertanian dan merusaknya karena mereka kelaparan dan tidak memiliki tempat tinggal lagi.

                                                                                                                        (Anonymous,2012)

D.     Strategi Pembangunan Pertanian

Sejalan dengan arah pembangunan pertanian yang telah direncanakan dan dalam upaya mencapai target sasaran yang ditetapkan, strategi pembangunan pertanian yang akan dilaksanakan Kementerian Pertanian salah satunya yaitu :

-          Revitalisasi Lahan
Dalam rangka revitalisasi lahan, akan dilaksanakan rencana aksi sebagai berikut:
·         Audit Lahan, Membangun database yang lengkap dan akurat melalui re-evaluasi potensi sumber daya lahan pertanian dengan pengembangan sistem informasi geografi (SIG) atau pemetaan tanah sistematis dan tematik.
·         Mengimplementasikan secara efektif Undang-Undang No. 41/2009 tentang Perlindungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan (PLP2B) dengan Peraturan Pemerintah. UU PLP2B dan Peraturan Pemerintah pendukungnya merupakan perangkat hukum untuk melindungi lahan pangan produktif dan menekan laju konversi lahan pertanian.
·         Melakukan upaya-upaya perlindungan, pelestarian dan perluasan areal pertanian terutama di luar Jawa sebagai kompensasi alih fungsi lahan terutama di Jawa : 1) melakukan upaya pengendalian alih fungsi lahan melalui penyusunan dan penerapan perangkat peraturan perundangan. 2) melestarikan dan/atau mempertahakan kesuburan lahan-lahan produktif dan intensif. 3) melakukan upaya rehabilitasi dan konservasi lahan terutama pada lahan pertanian Daerah Aliran Sungai (DAS) Hulu. 4) melakukan upaya reklamasi dan optimasi lahan pada lahan-lahan marginal dan sementara tidak diusahakan atau bernilai Indeks Pertanaman (IP) rendah.
·         Mengoptimalkan pemanfaatan lahan pertanian terlantar yang meliputi lahan pertanian yang selama ini tidak dibudidayakan (lahan tidur atau bongkor), dan kawasan hutan yang telah dilepas untuk keperluan pertanian tetapi belum dimanfaatkan, atau lahan pertanian yang masih dalam kawasan hutan (wewenang sektor kehutanan).
·         Membantu petani dalam sertifikasi lahan, mendorong pengelolaan dan konsolidasi lahan, advokasi petani dalam pengelolaan warisan agar tidak terbagi menjadi lahan sempit dalam upaya mengurangi segmentasi lahan, dan/atau menjadi lahan non-pertanian. Upaya-upaya tersebut dimaksudkan untuk menekan laju alih fungsi lahan pertanian dan segmentasi lahan serta serta mendorong pengembangan usahatani berskala ekonomi.
·         Mempertahankan kesuburan tanah dan memperbaiki kondisi lahan marjinal dengan upaya-upaya yang akan dilakukan adalah : 1) Melakukan perbaikan dan pencegahan kerusakan tanah dengan menerapkan teknologi konservasi tanah dan air untuk mengurangi erosi dan mencegah longsor serta meningkatkan produktivitas lahan sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian No.47/Permentan/OT.140/10/2006, tentang Pedoman Umum Budidaya Pertanian Pada Lahan Pegunungan. 2) Melakukan penanaman tanaman pohon (buah-buahan) dan perkebunan) di daerah kawasan aliran sungai, dan turut serta dalam sistem komunikasi dan koordinasi lintas sektor dalam upaya mengurangi pembabatan dan kerusakan hutan dan rangka memperbaiki dan meningkatkan kualitas sumberdaya lahan dan air serta lingkungan di kawasan hulu. 3) Mendorong petani untuk menggunakan sistem pemupukan berimbang yang diintegrasikan dengan pupuk organik, dan menerapan praktek budidaya pertanian yang tepat guna dan ramah lingkungan.
·         Optimalisasi sumberdaya air yang eksisting dan pengembangan sumber air alternatif baik air tanah maupun permukaan, melalui: 1) Rehabilitasi, optimalisasi, dan peningkatan/pengembangan jaringan irigasi baik tingkat utama maupun usahatani. 2) Upaya peningkatan efisiensi penyaluran dan pemanfaatan air. 3) Perbaikan struktur fisik tanah dan penambahan bahan organik, serta penerapan berbagai teknologi koservasi tanah dan air. 4) Pengembangan dan memantapkan kelembagaan petani pemakai air, serta meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, penyadaran, kepedulian dan partisipasi petani.

E.      Ekstensifikasi Pertanian menurut menteri Pertanian
Surabaya (Antara Jatim) - Menteri Pertanian Suswono mengemukakan pemerintah harus memprioritaskan program ekstensifikasi lahan pertanian baru di berbagai daerah di luar Pulau Jawa sebagai upaya menjaga ketahanan pangan nasional dan mengatasi defisit lahan produktif.
Ditemui wartawan usai membuka pameran bersama "Agrobisnis, Produk Unggulan Daerah dan Industri Bahari 2014" di Surabaya, Sabtu, Suswono mengatakan setiap tahun lebih dari 100.000 hektare lahan pertanian produktif yang terkonversi untuk keperluan berbagai sektor usaha, seperti industri dan perumahan.
"Sementara kemampuan pemerintah untuk mencetak lahan pertanian baru hanya sekitar 40.000 hektare per tahun, sehingga ada defisit sekitar 60.000 hektare lahan pertanian setiap tahunnya. Kalau hal ini tidak segera diatasi, ketahanan pangan nasional bisa terancam," katanya.
Menurut Suswono, potensi pembukaan lahan pertanian baru di luar Pulau Jawa sebenarnya masih sangat besar, seperti di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.
"Memang tingkat kesuburan lahan di luar Jawa tidak sebagus lahan di Pulau Jawa. Tapi, dengan penggunaan teknologi tepat guna, lahan-lahan itu masih bisa ditingkatkan produktivitasnya," tambahnya.
Mentan mengakui konversi lahan pertanian ke sektor lain di Pulau Jawa memang sangat besar dan sulit dihindari, tetapi pemerintah harus mengupayakan penggantian lahan baru agar ketahanan pangan nasional tetap terjaga.
Saat ini, luas lahan pertanian tanaman padi di seluruh Indonesia sekitar 8,1 juta hektare, sementara luas areal panennya mencapai 13,5 juta hingga 14 juta hektare.
"Thailand saja yang penduduknya hanya sekitar seperempat dari Indonesia, luas areal panen tanaman padinya mencapai 9 juta hektare sehingga setiap tahun mereka selalu surplus beras untuk diekspor," katanya.
Suswono juga mencontohkan Brazil yang dalam beberapa tahun terakhir berhasil membuka lahan pertanian baru seluas sekitar 5 juta hektare, sehingga sektor pertaniannya menjadi lebih kuat.
"Kita sudah punya Undang-Undang Pokok Agraria yang bisa menjadi pegangan untuk pembukaan lahan. Mau tidak mau, kalau ingin pertanian dan ketahanan pangannya kuat, ekstensifikasi lahan adalah solusinya. Selain juga perlunya distribusi lahan kepada petani kecil," ujar Mentan.
Menurut Suswono, saat ini kepemilikan lahan pertanian oleh petani masih sangat kecil, yakni rata-rata hanya 0,3 hektare, dan produktivitas sebagian besar lahan tersebut belum optimal.
"Saya mengusulkan petani diberi akses mengelola lahan pertanian, bukan kepemilikan. Kalau hanya diberi akses, lahan itu tidak akan berubah fungsi, tapi jika lahan diberikan dengan status kepemilikan, suatu saat fungsinya akan berubah dan lahannya habis," papar Suswono.
Sementara itu, pameran bersama "Agrobisnis, Produk Unggulan Daerah dan Industri Bahari 2014" yang diselenggarakan PT Feraco (Fery Agung Corindotama) dan berlangsung hingga Senin (8/9), diikuti sekitar 200 peserta dari berbagai provinsi, kabupaten/kota, dan pelaku bisnis.
"Pameran ini menjadi salah satu wadah bagi pemerintah provinsi maupun kabupaten/kota dan juga pelaku bisnis untuk mempromosikan berbagai produk unggulan dari sektor pertanian, perkebunan dan industri kelautan," kata Direktur Utama Feraco Muhammad Ruslim. (*




















BAB III PENUTUP
Kesimpulan  
Ekstensifikasi pertanian adalah usaha meningkatkan hasil pertanian dengan cara memperluas lahan pertanian baru, misalnya membuka hutan dan semak belukar, daerah sekitar rawa-rawa, dan daerah pertanian yang belum dimanfatkan.
Disamping itu, dalam pelaksanaan setiap rencana dan program diperlukan strategi, indikator dan asumsi-asumsi penting yang melandasinya, sehingga rencana dan program tersebut dapat dilaksanakan secara transparan, partisipatif dan bertanggung jawab (accountable).






















DAFTAR PUSTAKA

Anonymousa,2012.ekstensifikasipertanian.http://www.plnntt.co.id/showthread.php?t=14957&page=1.

 anonymousb,2012.ekstensifikasipertanian. Http://zen2011.student.umm.ac.id

http://www.antarajatim.com/lihat/berita/140630/mentan-ekstensifikasi-lahan-jadi-prioritas-pemerintah

4 komentar:

  1. Kabar baik, kabar baik
    Hey hati-hati di sini !!!
    Nama saya Jelli Mira warga negara Indonesia. Saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman internasional yang berbeda di internet, semua berjanji untuk memberikan pinjaman, saya kehilangan saya uang keras peroleh. Suatu hari, saat browsing melalui internet tak berdaya saya menemukan kesaksian dari seorang wanita bernama Widya Okta, yang juga scammed oleh pemberi pinjaman kredit palsu, tapi akhirnya mendapat terkait dengan perusahaan pinjaman legit bernama SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM di mana ia akhirnya mendapat pinjaman nya, jadi saya memutuskan untuk menghubungi perusahaan pinjaman yang sama dan kemudian mengatakan kepada mereka kisah saya tentang bagaimana saya telah scammed oleh 3 pemberi pinjaman yang berbeda. Saya menjelaskan kepada perusahaan melalui email dan mereka meyakinkan saya memberi saya pinjaman di perusahaan dan juga mengatakan kepada saya bahwa telah membuat keputusan yang tepat untuk menghubungi mereka. Aku mengisi formulir aplikasi kredit dan melanjutkan dengan segala sesuatu yang diminta dari saya dan kepada Allah kemuliaan saya mendapat pinjaman dari Rp450,000,000 dari perusahaan ini besar (sandraovialoanfirm@gmail.com), Dikelola oleh Ibu Sandra Ovia, dan di sini saya sangat senang karena SANDRA OVIA PINJAMAN FIRM telah mengubah hidup saya jadi saya membuat janji kepada diri sendiri bahwa saya akan terus bersaksi di internet tentang bagaimana saya mendapat pinjaman saya. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman Anda harus menghubungi SANDRA OVIA dan mengikuti aturan dan peraturan, karena saya meyakinkan Anda mendapatkan pinjaman Anda dalam waktu kurang dari 24 jam. Anda masih dapat menghubungi saya melalui email jika Anda memerlukan bantuan tentang bagaimana saya mendapat pinjaman (jellimira750@gmail.com).

    BalasHapus
  2. ,,.,KISAH NYATA ,,,,,,,
    Aslamu alaikum wr wb..Allahu Akbar, Allahu akbar, Allahu akbar
    Bismillahirrahamaninrahim,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha dibidang property rumah tangga dan mencapai kesuksesan yang luar biasa, mobil rumah dan fasilitas lain sudah saya miliki, namun namanya cobaan saya sangat percaya kepada semua orang, hingga suaatu saat saya ditipu dengan teman saya sendiri dan membawa semua yng saya punya, akhirnya saya menaggung utang ke pelanggan saya totalnya 470 juta dan di bank totalnya 800 juta , saya stress dan hamper bunuh diri anak saya 2 orng masih sekolah di smp dan sma, istri saya pergi entah kemana dan meninggalkan saya dan anakanaknya ditengah tagihan utang yg menumpuk, demi makan sehari hari saya terpaksa jual nasi bungkus keliling dan kue, ditengah himpitan ekonomi seperti ini saya bertemu dengan seorang teman dan bercerita kepadanya, Alhamdulilah beliau memberikan saran kepada saya, dulu katanya dia juga seperti saya stelah bergabung dengan KI JAMBRONG hidupnya kembali sukses, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama satu minggu saya berpikir dan melihat langsung hasilnya, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KI JAMBRONG di No 0853-1712-1219. Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Demi AllAH dan anak saya, akhirnya 5M yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kini saya kembali sukses terimaksih KI JAMBRONG saya tidak akan melupakan jasa AKI. JIKA TEMAN TEMAN BERMINAT, YAKIN DAN PERCAYA INSYA ALLAH, SAYA SUDAH BUKTIKAN DEMI ALLAH SILAHKAN HUB KI JAMBRONG DI 0853-1712-1219. (TANPA TUMBAL/AMAN).
    [=

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK

    Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Zara, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 400 juta rupiah (Rp400.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Zaradam@yahoo.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  4. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus